Salam baper ! Kalau dipostingan - postingan sebelumnya kita udah ngebahas beberapa tentang  "E-Commerce" , kali ini supaya le...

5 PERUSAHAAN YANG TELAH MENERAPKAN E-COMMERCE

Salam baper !

Kalau dipostingan - postingan sebelumnya kita udah ngebahas beberapa tentang "E-Commerce", kali ini supaya lebih jelas kita akan membahas perusahaan - perusahaan mana saja yang telah menerapkan e-commerce.

Yuk, langsung kita ulas !

5 PERUSAHAAN YANG TELAH MENERAPKAN E-COMMERCE

PT. Telkom Indonesia

Penyedia layanan e-Commerce di Indonesia baru mencapai 3% meski pengguna Internet diperkirakan telah mencapai sebanyak 31 juta orang dan 159 juta orang lainnya Internet berbasis nirkabel. Dengan masih sedikitnya pemain di e-Commerce maka portal e-Commerce Plasa.Com yang dikelola anak usaha Telkom PT Metranet diharapkan dapat turut menggairahkan e-commerce di Tanah Air.
Portal e-commerce Plasa.com yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom PT Metranet fokus pada penyelenggaraan tiga layanan, yaitu e-Commerce, Content dan Communication.




Kelemahan :

Kita tahu pada dasarnya electronic commerce (e-commerce) adalah sarana pemasaran yang menggunakan media elektronik (internet), jadi hal yang sangat kita butuhkan adalah layanan dan akses internet. Keterbatasan akses internet akan menghambat perkembangan e-commerce, hal yang dulu mengakibatkan terabainya e-commerce, namun sekarang kita dapat merasakan efek perkembangan internet di Indonesia, akses internet semakin murah dan cepat, ini terjadi karena persaingan antar provider, dan justru hal inilah yang akan meningkatkan jumlah pengguna internet.


Kekuatan :

·      Portal e-commerce Plasa.com yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom PT Metranet fokus pada penyelenggaraan tiga layanan, yaitu e-Commerce, Content dan Communication. Portel itu diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pasar, mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam negeri serta meningkatkan enterpreneurship melalui penyediaan platform online shopping.

      Dalam menyediakan layanan konten, Plasa.com mengembangkan platform sebagai penghimpun konten (content agregator) serta memungkinkan pelanggan menikmati beragam konten, termasuk konten hiburan.

Peluang

·     Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
·     Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.

Ancaman

Permasalahan dan penghambat perkembangan e-commerce di Indonesia adalah kebiasaan, masyarakat kita belum terbiasa untuk melakukan transaksi di dunia maya. Masalah selanjutnya adalah dari sekian banyak pengguna internet di Indonesia kemungkinan masih banyak yang belum pernah bertransaksi melalui internet karena belum percaya akan keamanan transaksi. Apalagi dengan sering terjadinya penipuan di dunia nyata. Selanjutnya masalah dari belum jelasnya hukum di dunia digital, seperti bagaimana itu uang digital, tanda tangan digital dan bagaimana hukum yang berlaku jika terjadi kejahatan.



      Jcodonuts.com (J-CO DONUTS)
 
        Deskripsi :

         J-CO Donuts merupakan salah satu jenis perusahaan yang bergerak di bidang  makanan dan minuman, khususnya donat dan kopi. Perusahaan ini memberikan produk donat dan kopi bertaraf internasional. Pertama kali J-CO Donuts berada di Jakarta khususnya Supermall Karawaci pada tanggal 26 Juni 2005. Hingga saat ini J-CO Donuts telah memiliki sekitar 65 outlet di seluruh dunia. Di tahun pertama beroperasi, J-CO Donuts menjadi perusahaan yang memiliki pemasaran produk terbaik, lalu pada tahun 2006 mendapat penghargaan atas penciptaan donat terbaik oleh Free Magazine, serta penghargaan-penghargaan lain di tahun-tahun setelahnya.
J-CO Donuts memiliki beberapa jenis donat yang merupakan salah satu keunggulan dari perusahaan ini, diantaranya : glazi, alcapone, coco loco, cheese me up, miss green T, why nut, JCrown oreo. Perusahaan yang berlambang merak pada logonya ini memiliki beberapa visi dan misi, yaitu untuk menghasilkan produk donat dan kopi yang berkualitas internasional, menjadi trendsetter dalam menghasilkan donat, serta menjadi perusahaan yang baik bagi konsumen yang ingin mendapatkan produk-produk impian mereka.

Dengan adanya visi tersebut, J-CO Donuts menjalankan beberapa misi diantaranya ialah memberikan kulaitas produk donat dan kopi bertaraf internasional, menjadikan konsumen prioritas utama, berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang sangat baik, membuat suasana outlet yang berbeda dari outlet-outlet lainnya, serta memberikan perbedaan dalam komunitas perusahaannya. Jika para konsumen ingin mengetahui lebih banyak mengenai produkj-produk terbaru serta ingin melakukan pembelian dapat melihat outlet-outlet terdekat J-CO Donuts di website perusahaan ini, yaitu :http://www.jcodonuts.com/

Analisis :

      Di dalam website J-Co Donuts pertama kali kita disajikan dengan homepage yang menarik dengan gambaran berbagai produk donat dari J-Co Donuts itu dimana gambaran donat-donat tersebut menampilkan fitur-fitur dari berbagai website tersebut. Terdapatnya berbagai fitur yang memungkinkan untuk berkomunikasi dari dan untuk komunitas J-Co Donuts ini sendiri. Sehingga bisa dikatakan website ini memiliki kelengkapan yang memberikan pelayanan dan kredibilitas yang baik kepada para pengunjungnya.

Fitur – Fitur :

Dalam website J-Co Donuts terdapat fitur-fitur seperti : home, about us, what’s new, location, healthy ingredients, promos careers, contact us, press room, franchise, products, community, what they say, yang kesemuanya dapat memberikan informasi kepada para konsumen mengenai J-CO Donuts lebih mendalam terhadap perkembangan perusahaan tersebut yang lebih terkini.

Kelebihan :

Dalam website J-Co Donuts terdapat fitur community and what they say yang  memberikan gambaran secara tidak langsung kepada perusahaan tersebut dari berbagai opini masyarakat terhadap produk mereka. Serta terdapat fitur promos careers yang memberikan informasi kepada para pegawai serta umum untuk dapat bekerja dan bekerjasama dalam perusahaan ini.

Kekurangan :

Kekurangan dari website ini ialah tidak terdapatnya fitur seperti penjelasan khusus mengenai sejarah didirikannya perusahaan J-Co Donuts ini, sehingga para konsumen tidak mengetahui lebih detail mengenai sejarah pendiriannya.

Adidas.com (Adidas)


Deskripsi :

Adidas merupakan sebuah perusahaan yang menjual berbagai macam perlengkapan sports. Sejak pertama kali dirilis tahun 1949 oleh Adolf dan Dassler yang digunakan pada nama adidas. Dari sisi penampilan sport yang diberikan, adidas berusaha untuk memberikan kenyamanan dari ketidakpastian bagi para atlet yang menggunakan produk-produk buatan adidas. Sedangkan dari sisi gaya sport yang diberikan pun, adidas memberikan keunikan tersendiri bagi produk-produk mereka untuk membedakannya dengan produk lain, dengan cara mengubah gaya jalanan (street style) menjadi gaya kelas atas (high style) bagi para konsumen yang sebagian besar merupakan atlet.

Beberapa kategori olahraga yang menjadikan adidas sangat banyak diminati oleh para konsumennya ialah olahraga sepakbola, renang, serta bola basket. Dengan menggunakan strategi menciptakan berbagai produk-produk olahraga yang berkualitas baik serta memiliki bagian yang menjadikan olahraga menjadi bagian dari hidup orang kebanyakan.

Manajemen adidas juga berusaha sebaik mungkin untuk membuat para konsumen mereka merasa puas, karena konsumen merupakan bagian terpenting untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan. Demi menjadi pemimpin dalam mencapai pangsa pasar, adidas juga menginvestasikan sahamnya terhadap beberapa perusahaan-perusahaan olahraga. Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai adidas, dapat mengunjungi website :http://www.adidas.com

Analisis :

Dalam website adidas, tersaji dengan gambaran homepage yang cukup menarik dengan unsur-unsur olahraga yang diperlihatkan. Terdapat juga fitur-fitur umum yang disajikan untuk memudahkan konsumen mengetahui perkembangan produk-produk yang ditawarkan adidas, tetapi website adidas tidak melayani pemesanan produk secara online, website ini hanya memberikan informasi outlet dan nomor kontak pemasaran dari adidas itu sendiri.

Fitur-fitur :


Di dalam website adidas memiliki fitur-fitur, yaitu : Home, Our Group, Spirit of Sport, Sustainability, Investor Relations, Media, Careers, RSS, FAQ, Sitemap, Contact, What we do, Our Mission, Strategy,Brands, History, Supervisory Board, Executive Board, dan Locations yang memberikan informasi kepada konsumen lebih mendalam mengenai adidas.

Kelebihan :

Kelebihan dari website adidas ialah memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap bagi informasi yang diinginkan konsumen menegnai perusahaan dan produk-produk adidas. Dilengkapi dengan FAQ, para konsumen tidak harus bertanya langsung ke outlet adidas atau menghubungi kantor pemasaran, karena dalam FAQ terdapat beberapa kumpulan pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh orang-orang kebanyakan.

Kekurangan :

Kekurangan dari website adidas ialah dalam website ini, konsumen tidak dapat melakukan pembelian secara online, karena website ini hanya menyediakan informasi mengenai outlet-outlet adidas di seluruh dunia, yang secara tidak langsung konsumen hanya bisa membeli produk adidas di outlet-outlet tersebut.

     BajuBatik.com(Baju Batik)

Deskripsi :

Bisnis ini tentu saja menjual pakaian batik dari berbagai variasi mulai dari pakaian laki-laki dan perempuan, kemeja, baju muslim, rok, dan lain-lain. Tampilannya pun disesuaikan dengan tema batik dengan header batik yang cukup besar.
Seperti halnya kaoskita.com,  Bajubatik.com juga masih menggunakan sistem pembayaran standard yaitu transfer manual.  Tentu saja akan jauh lebih mudah jika BajuBatik mengincar pasar luar negeri dimana batik memang merupakan sebuah produk cukup populer, namun sepertinya interface yang berbahasa Indonesia akan menghambat hal ini.

Analisis :

Di dalam websitebajubati.com ini disajikan dengan homepage yang menarik dengan gambaran berbagai produk-produk batik itu dimana gambaran batik-batik tersebut menjadi daya tarik bagi konsumen. Selain itu juga terdapatnya berbagai fitur yang memungkinkan pelanggan untuk berkomunikasi dengan outlet. Sehingga bisa dikatakan website ini memiliki kelengkapan yang memberikan pelayanan baik kepada para pengunjungnya.

Fitur-fitur :

Dalam situs e-commerce ini terdapat beberapa fitur-fitur seperti :  home, new arrival, best seller, article, testimonial, contact us, size guide, delivery and payment, dan how to shop.

Kelebihan :

Situs e-commerce ini menjual baju batik yang berkualitas baik, dan menyediakan baju batik yang sesuai dengan ukuran dan keinginan kita. Selain itu toko ini juga  menjual koleksi batik yang mempunyai corak dan motif  yang unik.

Kekurangan :


Kekurangan  dari website ini ialah tidak dilengkapi dengan FAQ, sehingga para konsumen harus bertanya langsung ke outlet  atau menghubungi kantor pemasaran, karena dalam FAQ itu terdapat beberapa kumpulan pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh orang-orang kebanyakan. Selain itu Bajubatik.com juga masih menggunakan sistem pembayaran standard yaitu transfer manual


Balichemist.com  (Bali Chemist)

Deskripsi :

Bali Chemist adalah 24 jam-online situs perawatan medis yang menyediakan obat-obatan resep pembelian dan informasi, vitamin, suplemen, produk perawatan kulit dan herbal. Bali Chemist terletak di Apotik Sidowaras Jl.Sidakarya 157 xx A Denpasar - Bali .
Selain datang langsung ke lokasi langsung, kita juga dapat mengaksesnya lewat situs www.balichemist.com. dengan adanya website ini, akan semakin mempermudah pelanggan, karena pelanggan bisa  mendapatkan semua produk kesehatan yang di butuhkan mulai dari obat-obatan (penerimaan dan bebas-obat-obatan), vitamin, suplemen dan produk perawatan kulit dengan layanan  langsung diantar ke alamat si pemesan. Sehingga pelanggan tidak usah repot-repot membuang waktu. Jika kita membeli produk-produk Bali Chemist secara Online maka kita mendapatkan diskon 5 % (lima persen) untuk setiap pembelian.
Analisis :

Website ini ditampilkan dengan homepage yang cukup menarik, yaitu dengan tampilan gambar apotik dan sebelah kiri ditampilkan beberapa penyakit yang sering diderita orang pada umumnya. Website ini memang layak untuk dikunjungi karena menyediakan layanan Tanya jawab, yang memungkinkan para pengunjungnya untuk saling berbagi dan bertukar informasi mengenai kesehatan.
       
Fitur-fitur :

Dalam situs e-commerce ini terdapat fitur-fitur seperti :  depan (home), Tanya jawab, pelayanan, obat-obatan, kontak dan lokasi.

Kelebihan :

Situs E-commerce ini memberikan kemudahan bagi para pelanggannya, terutama saat darurat. Para pelanggannya hanya cukup mengakses situs ini dan memesan obat yang dibutuhkan, kemudian toko ini akan mengirimkan obat sesuai dengan pesanan.

Kekurangan :

Situs e-commerce ini mempunyai kendala lokasi. Apalagi toko ini tidak mempunyai cabang, hanya berlokasi di Bali. Sehingga pelanggan dari Medan tidak mungkin mendapatkan produk yang diinginkan dalam waktu yang singkat karena kendala tempat yang berjauhan .

Saran :

Sebaiknya, toko ini memiliki cabang juga di seluruh Indonesia, sehingga konsumen tidak memiliki kendala dalam memiliki produk-produk toko ini.

Kesimpulan :


Balichemist.com adalah situs e-commerce yang menjual obat-obatan, resep pembelian dan informasi, vitamin, suplemen, produk perawatan kulit dan herbal. Toko ini beralamat di Bali, dan memebrikan discount untuk pembelian produk-produknya secara online.

Sekian pembahasan tentang perusahaan - perusahaan yang telah menerapkan "E-commerce", semoga dapat bermanfaat bagi generasi KIDS JAMAN NOW.

Thanks, wish you have a blissfulday !

www.undhirabali.ac.id



0 komentar: